Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terlengkap! Tanda kehamilan: Tanda tanda hamil muda (hamil 1 mingguan) yang jarang disadari

Tanda tanda hamil
Sumber: pondokibu.com

Tanda tanda hamil, hamil muda, dan hamil 1 minggu - Hadirnya seorang anak didalam keluarga tentu menjadi impian bagi semua pasangan suami istri. Terlebih bagi pasutri yang baru saja melangsungkan pernikahan. Tanda awal kehamilan menjadi hal yang senantiasa dinantikan terutama bagi seorang istri. Adanya tanda tanda hamil menunjukkan bahwa sang buah hati akan hadir ditengah-tengah keluarga. Tinggallah mereka menunggu waktunya. Keluarga akan terasa lengkap dengan hadirnya seorang buah hati. Benar bukan? Lalu apa saja tanda tanda hamil yang biasa dialami pada masa hamil muda dan hamil 1 mingguan?


Ada kalanya, pasangan suami istri belum mengetahui secara betul mengenai tanda tanda hamil ini. Mereka terkadang masih bingung untuk membedakan manakah tanda tanda kehamilan sebenarnya dengan yang manakah tanda datangnya menstruasi. Berikut 1001FaktaSehat akan memberikan sedikit ulasan mengenai apa saja tanda tanda hamil yang jarang disadari oleh sang ibu


Berikut tanda tanda hamil muda yang jarang diketahui!

Banyak para wanita yang menyimpulkan bahwa tanda tanda dari kehamilan hanya dilihat saat mereka merasakan terlambat datang bulan. Hal ini bukanlah anggapan yang salah, karena dengan terlambatnya menstruasi bisa saja itu merupakan tanda bahwa kehamilan telah tiba.

Namun perlu sobat ketahui, terlambat datang bulan bukan melulu menjadi indikator kehamilan pada wanita. Ada banyak hal yang menyebabkan seorang wanita terlambat datang bulan, seperti contohnya stres, terlalu lelah, adanya gangguan hormonal dan sebagainya.

Selain terlambatnya datang bulan, simak berikut tanda tanda hamil yang lain:


1. Terjadinya perubahan pada payudara

Tanda tanda hamil yang pertama adalah payudara yang mengalami perubahan. Maksud dari perubahan disini adalah payudara membesar. Hal ini dsebabkan karena meningkatnya produksi dari hormon esterogen dan progesteron. Selain itu pula, kondisi payudara akan terasa lebih lembut, hal inilah yang menimbulkan rasa sensitif yang lebih tinggi saat dipegang. Akibatnya payudara akan terasa sakit atau nyeri saat disentuh atau dipegang.

Tanda tanda hamil yang lain juga ditunjukkan dari membesarnya puting susu dan warnanya yang semakin gelap. Akibatnya akan terasa gatal didaerah puting susu tersebut. Pembuluh vena pada payudara juga akan terlihat akibat dari penegangan payudara.

Selain itu pula, terjadi aktivitas hormon Human Placental Lactogen pada orang hamil. Yang dimana hormon tersebut di produksi oleh tubuh sang ibu saat mengalami kehamilan guna mempersiapkan ASI bagi calon bayinya kelak.


2. Mual dan muntah sebagai tanda tanda hamil

Hampir semua ibu yang hamil akan memiliki tanda tanda hamil yang satu ini. Penyebab dari tanda tanda hamil yang satu ini adalah karena terjadinya peningkatan hormon secara tiba tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut bernama HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Selain peningkatan ini terjadi pada darah, hormon tersebut juga mengalami peningkatan pada saluran air kencing.

Oleh karena itu, alat test pack kehamilan menggunakan media air seni untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut. Peningkatan inilah yang menyebabkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual.

Sebagai tanda tanda hamil, rasa mual ini akan menghilang saat kehamilan memasuki trimester kedua. Dan buat sobat yang masih merasa mual mual di usia kandungan trimester kedua, segera konsultasikan ke dokter kandungan. Jangan sampai lupa ya sobat!


3. Sering kencing atau buang air kecil

Menstruasi yang terlambat kira kira satu hingga dua minggu, akan menimbulkan keinginan untuk buang air kecil semakin sering daripada biasanya. Hal ini terjadi karena janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih, akibatnya sirkulasi darah mengalami peningkatan.

Selain itu pula, kandung kemih lebih cepat dipenuhi oleh urine sehingga tak salah jika keinginan untuk buang air kecil semakin sering daripada biasanya. Peningkatan ini disebabkan karena hormon kehamilan mengalami peningkatan.

Ingat ya sobat, jangan pernah menahan atau membatasi pembuangan air kecil. Meskipun hal itu membuat sobat merasa terganggu, karena harus bolak balik ke kamar mandi. Selain itu juga, minum air putihnya ditingkatkan lagi untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Apakah sobat juga mengalami tanda tanda hamil yang satu ini?


4. Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Tanda tanda hamil yang berikutnya adalah sering merasa pusing dan sakit kepala. Gangguan pusing dan sakit kepala ini diakibatkan karena beberapa faktor fisik, diantaranya seperti rasa lelah, mual, lapar, dan tekanan darah rendah.

Penyebab yang lainnya adalah karena faktor emosional yaitu dengan adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu pula peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga dapat menimbulkan rasa pusing saat sang ibu berubah posisi.


5. Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda tanda hamil yang satu ini terjadi karena akibat dari pengaruh perubahan hormon esterogen, biasanya terjadi pada usia kandungan trimester pertama. Tanda tanda hamil seperti ini biasanya akan menghilang setelah kehamilan memasuki usia trimester kedua.


6. Sembelit

Ternyata sembelit juga termasuk kedalam tanda tanda hamil ya sobat? Sembelit terjadi akibat dari peningkatan hormon progesteron. Selain mengendurkan otot otot rahim, hormon ini juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga akan menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Keuntungan dari tanda tanda hamil ini adalah memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik bagi sang ibu.


7. Lelah dan ngantuk yang berlebih

Perasaan lelah dan ngantuk yang berlebihan pada saat ibu hamil tidak hanya disebabkan oleh perubahan hormonal, tetapi juga diakibatkan dari kinerja beberapa organ vital seperti jantung, paru-paru, dan ginjal yang semakin bertambah. Sering kali merasakan lelah dan ngantuk merupakan salah satu dari tanda tanda hamil.

Organ organ vital ini tidak hanya bekerja untuk mencukupi kebutuhan dari sang ibu saja, namun juga untuk pertumbuhan dan perkembangan sang janin yang ada dirahim ibu.


Hal biasa diatas ternyata menjadi beberapa tanda tanda hamil ya sobat? Dari perasaan yang mudah lelah dan ngantuk sampai sering meludah pun menjadi salah dua dari tanda tanda hamil diatas. Semoga bermanfaat buat sobat sekalian. Jangan lupa di share ke teman yang lain juga ya sobat, biar mereka tahu. Hal biasa ternyata juga menjadi tanda tanda hamil! Salam Sehat sobat!


Post a Comment for "Terlengkap! Tanda kehamilan: Tanda tanda hamil muda (hamil 1 mingguan) yang jarang disadari"

close