Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hilangkan dan Cegah Jerawat Batu dengan Gaya Hidup ini

Gaya hidup untuk menghilangkan jerawat batu
Sumber: timesindonesia.co.id

Hilangkan dan Cegah Jerawat Batu dengan Gaya Hidup Ini - Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang susah untuk dihilangkan. Bentuknya yang besar dan warnanya yang merah karena meradang menjadikan jerawat batu menjadi incaran bagi semua kalangan untuk segera dibasmi secara instan. Sehingga tak heran, jika banyak reseller yang menyediakan produk-produk kecantikan untuk menghilangkan jerawat batu secara instan, salah satunya yaitu krim kecantikan. Pasalnya produk-produk tersebutlah yang marak diburu oleh semua kalangan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat batu sangat rentan muncul diwajah kita, diantaranya yaitu karena faktor ketidakseimbangan hormon, faktor keturunan,  obat-obatan tertentu, diet, stres, polusi, debu, atau penggunaan kosmetik yang berlebihan.


Penyebab Jerawat Batu


Ketika berbicara mengenai apa saja penyebab jerawat batu sebenarnya tidak ada penyebab pastinya, namun kita dapat menunjuk bahwa hormon androgenlah yang menjadi pemicu utamanya. Perlu sobat ketahui, meningkatnya hormon androgen dapat menyebabkan perubahan pada kulit sehingga tak heran jika jerawat akan timbul karena tersumbatnya pori-pori. Kalangan yang biasanya memiliki hormon andregon yang tinggi adalah remaja dan wanita yang sedang mengelami siklus menstruasi, menopause, kehamilan, atau yang menderita sindrom ovarium polikistik.

Namun bukan berarti hanya kalangan remaja saja yang dapat mengidap jerawat batu. Anak-anak atau bahkan orang tua yang sudah paruh baya pun dapat mengidat jerawat yang satu ini.

Kondisi ini juga termasuk "warisan" yang diberikan oleh orang tua kepada sobat. Jadi jika salah satu dari orang tua sobat pernah menderita jerawat batu yang parah, maka tidak menutup kemungkinan sobat jjuga bisa mengalaminya.


Penanganan Jerawat Batu


Ingat ya sobat, jerawat batu tidak dapat disembuhkan secara tuntas jika hanya dengan memakai obat-obatan yang dijual murah dipasaran. Jika sobat merasa memiliki jerawat batu yang parah, maka jalan salah satunya yaitu segera konsultasikan ke dokter kulit atau ahli dermatologis. Untuk kali ini 1001FaktaSehat akan membagikan jenis obat-obatan apa saja yang dapat menyingkirkan jerawat batu serta berguna untuk menghindari munculnya jerawat batu. Apa saja itu? Simak detailnya berikut:


  • Antibiotik
Antibiotik pada umumnya diberikan dalam bentuk tablet, dengan jenis dan dosis berdasarkan usia, tipe jerawat (apakah parah atau tidak) dan kondisi jerawat. Selain bisa membantu untuk mengontrol perkembangan bakteri, antibiotik juga dapat meringankan peradangan yang timbul di area jerawat. Namun terkadang ada pula jenis jerawat yang kebal terhadap antibiotik.
  • Asam salisilat dan asam azelaic
Sifat antibakteri yang terdapat didalam asam salisilat dan asam azelaic menjadikannya mampu untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada folikel rambut yang bisa memicu timbulnya jerawat.
  • Pil Kontrasepsi
Beberapa jenis dari pil kontrasepsi juga dapat digunakan sebagai terapi jerawat bagi perempuan. Namun, penggunaan cara ini hendaknya juga tetap dibarengi dengan obat jerawat lainnya melalui konsultasi dokter.
  • Isotretinoin
Kebanyakan orang berhasil menyingkirkan jerawat batu di kulitnya secara permanen dan tuntas dengan obat ini. Obat jenis satu ini berfungsi menekan produksi kelenjar minyak di kulit dan mengurangi peradangan. Namun, obat ini juga berisiko menimbulkan efek samping yang serius. Untuk itu, tetap konsultasikan ke dokter mengenai penggunaannya.


Hilangkan dan Cegah Jerawat Batu dengan Gaya Hidup Ini


Kebiasaan seorang remaja saat ini yaitu memencet-mencet jerawat yang timbul dimukanya, padahal hal tersebut justru akan membuat jerawat semakin besar dan semakin meradang. Jadi hindari hal ini ya sobat!

Mengonsumsi obat-obatan sebagai alternatif untuk mengobati jerawat saja tidak akan cukup untuk menyingkirkan jerawat batu yang timbul di area wajah atau di area tubuh lainnya. Konsumsi obat-obatan tersebut juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat dan juga higienis, misalnya hal berikut ini:

  • Luangkan waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran, karena stres tidak hanyak menimbulkan gangguan kejiwaan namun jerawat juga akan mudah timbul dengan kondisi pikiran yang semrawut.
  • Istirahat atau tidur yang cukup
  • Jaga kebersihan tangan, karena bagian ini yang dominan untuk selalu menyentuh bagian wajah yang berjerawat. Tangan yang kotor dan penuh kuman, tentu akan lebih memperparah kondisi jerawat.
  • Cuci wajah Anda sedikitnya dua kali dalam sehari. Gunakanlah sabun yang lembut dan usap wajah dengan perlahan, lalu bilas dengan air hangat.
  • Berolahraga secara rutin. Namun jangan lupa, bersihkan kulit setelah olahraga.
  • Kurangi kebiasaan buruk memencet jerawat.
  • Pilihlah produk kulit berjerawat yang mengandung asam salisilat (salicylic acid), benzoyl peoxide, asam glycolic yang mampu mengurangi produksi minyak yang berlebih
  • Pastikan kebersihan benda-benda yang sering bersentuhan dengan wajah Anda seperti ponsel, kerudung, helm, topi atau handuk.

Jika sobat memiliki jerawat batu, ingat ya sobat. JANGAN DIDIAMKAN SAJA! Konsultasikan ke dokter agar sobat dapat segera ditangi oleh dokter yang bersangkutan. Salam sehat, semoga artikel diatas Hilangkan dan Cegah Jerawat Batu dengan Gaya Hidup ini bermanfaat buat sobat. Dan juga share ke teman yang lain ya sobat!


Post a Comment for "Hilangkan dan Cegah Jerawat Batu dengan Gaya Hidup ini"

close