Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli beserta pembagiannya

Pengertian ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli beserta pembagiannya
warungnyaakuntansi.blogspot.com

Halo teman-teman, bagaimana nih kabarnya? Sudah siap dengan materi baru kali ini? Nah, teman-teman sekarang kita akan belajar tentang apa itu ilmu ekonomi dan pembagiannya.

Sebelumnya, teman-teman sudah pada tahu belum apa itu ilmu ekonomi? Kalau belum nih mimin akan jelasin. Jadi, ilmu ekonomi ialah suatu cabang ilmu yang mempelajari semua tingkah laku manusia yang tujuannya tak lain untuk mendapatkan sekaligus mengelola sumber daya yang sifatnya terbatas. Ilmu ekonomi dapat dipahami juga sebagai usaha membentuk suatu alternatif barang atau jasa guna memuaskan segala kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Teman-teman, ilmu ekonomi sangat berperan penting lho dalam kehidupan masyarakat, dan juga memberikan dampak keuangan manusia atau masyarakat. Oleh karena itu, ilmu ekonomi dibagi dalam beberapa kelompok, diantaranya:


1. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Adalah sebuah analisis ekonomi yang menggambarkan kondisi sesungguhnya sesuai kondisi fakta dalam dunia perekonomian
Sepertinya saja dapat teman-teman lihat dari gambaran kondisi Indonesia yang mengalami krisis moneter di tahun 1998


2. Ilmu Ekonomi Teori

Merupakan sebuah analisis ekonomi yang dimana kegiatanya berusaha untuk menjelaskan, mencari sebuah pengertian, hubungan antar sebab akibat, serta cara kerja sistem ekonomi. Nah, pada Ilmu ekonomi teori ini terbagi menjadi dua macam kelompok diantaranya yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.

3. Ilmu Ekonomi Terapan
Merupakan sebuah analisis ekonomi teori yang merumuskan kebijakan-kebijakan serta pedoman-pedoman tepat guna menangani suatu masalah ekonomi tertentu. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis yaitu cukup dengan menerapkan pengertian ekonomi sesuai pada  masalah-masalah atau pada bidang-bidang tertentu. Misalnya saja, seperti ekonomi perusahaan, ekonomi perbankan, ekonomi monerter dan sebagainya.

Nah teman-teman bagaimana? Sudah cukup jelask apa belum? Mengenai apa itu ilmu ekonomi serta pembagiannya? Ternyata ada tiga kelompok penggolongan ilmu ekonomi ya yaitu ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi teori, dan ilmu ekonomi terapan. Semoga bermanfaat ya buat teman-teman sekalian. Jangan lupa untuk share ke teman-teman yang lain. Biar ilmu kita sama-sama bermanfaat. Pesan mimin, jangan lupan untuk selalu belajar, belajar, dan belajar ya teman-teman. Oke?

3 comments for "Pengertian ilmu ekonomi secara umum dan menurut para ahli beserta pembagiannya"

close