Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Faktor Produksi Asli dan Turunan beserta penjelasan contohnya lengkap

Halo teman-teman apa kabar nih?? Kali ini saya akan membagikan sedikit materi bagus nih buat teman semua yaitu tentang penjelasan faktor produksi dan contoh-contohnya. Mau tahu kan?? Mari simak terus teman-teman.

pengertian faktor produksi asli dan turunan beserta contoh macam-macamnya lengkap

Apa sih Faktor Produksi itu?

Faktor produksi adalah sumber daya yang digunakan dalam sebuah proses produksi barang dan jasa. Didalam kegiatan produksi, faktor produksi ini menjadi komponen penting untuk mencapai kemakmuran usahanya. Lah ko bisa? Bisa donggg, makanya simak terus sampai bawah teman-teman!!

Kenapa faktor produksi menjadi komponen penting didalam sebuah kegiatan produksi?? Ya karena faktor produksi mencakup semua hal yang mendukung penuh berlangsungnya kegiatan pemproduksian guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Asal teman-teman tahu, faktor produksi sekarang ini ada 4 hal, diantaranya yaitu:
  • Sumber daya alam
  • Tenaga kerja
  • Modal
  • Kewirausahaan
Dalam hal ini, sumber daya alam dan tenaga kerja merupakan faktor produksi asli sedangkan modal dan kewirausahaan merupakan faktor produksi turunan.

Macam-macam faktor produksi

a. Faktor produksi alam (sumber daya alam)
Faktor produksi alam ialah semua kekayaan yang terdapat di alam semesta dan barang mentah lainnya yang dapat digunakan dalam proses produksi. Faktor produksi ini meliputi tanah, air, dan bahan mentah lainnya.

b. Faktor produksi tenaga kerja
Tenaga kerja merupakan faktor produksi insani yang secara langsung atau tidak langsung menjalankan kegiatan produksi. Bahkan asal teman0teman tahu, tenaga kerja ini merupakan faktor produksi yang peranannya paling penting dalam dunia usaha. Pasalnya jika tidak ada seorang tenaga kerja, maka sumber daya alam yang melimpah tidak akan berguna sama sekali. Dalam faktor produksi tenaga kerja, terkandung unsur fisik, pikiran, serta kemampuan yang dimiliki tenaga kerja.

c.Faktor produksi modal
Yang dimaksud dengan modal adalah semua barang atau peralatan yang dapat digunakan dalam melakukan proses produksi. Modal juga dapat dibedakan berdasarkan sumbernya, bentuknya, berdasarkan pemillikan, serta berdasarkan sifatnya.

d. Faktor produksi kewirausahaan
Faktor produksi kewirausahaan adalah keahlian atau keterampilan yang digunakan seseorang dalam mengkoordinir faktor-faktor produksi.

Nah teman teman, itulah beberapa ulasan mengenai pengertian faktor produksi dan juga contohnya. Semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian. Dan juga jangan lupa share ke teman yang lalin juga, biar barokah ilmunya, okeee.

3 comments for "Pengertian Faktor Produksi Asli dan Turunan beserta penjelasan contohnya lengkap"

close