Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian akuntansi menurut para ahli yang dapat di tinjau dari 2 pandangan

     Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti sering mendengar kata  "Akuntansi" dalam berbagai kesempatan. Seperti contohnya jika kita sekolah di Jurusan Bismen. Tentu nama akuntansi sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bicara mengenai akuntansi sudah pasti berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan yang rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi.  Lalu, apa sih yang dimaksud dengan akuntansi itu?


pengertian akuntansi menurut para ahli terlengkap dilihat dari beberapa pandangan



Pengertian Akuntansi adalah suatu proses mencatat, meringkas, mengklarifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta aktivitas yang terkait dengan keuangan.

Beberapa bidang akuntansi diantaranya: 
  • Akuntansi keuangan
  • Akuntansi biaya
  • Akuntansi manajemen
  • Akuntansi pemeriksaan
  • Akuntansi perpajakan
  • Akuntansi anggaran
  • Akuntansi pemerintahan
  • Sistem Akuntansi

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

  1. Menurut Horngen, Harrison dan Bamber dalam bukunya Accounting 6th Edition, Pearson Education, inc, tahun 2005, Pengertian akuntansi adalah sistem akuntansi yang mengukur kegiatan usaha perusahaan, memproses informasi yang dibutuhkan dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak yang membutuhkannya.
  2. Menurut American Accounting, akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran,, dan penyampaian informasi ekonomis untuk memungkinkan pembuatan pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut.
  3. Menurut Standard of The Accounting Principles Board dalam Intermediate Accounting 14th, Skousen, J. Stice, dan E. Stice; South-Western collage Publishing, 2000, Akuntansi adalah aktivitas jasa yang menyiapkan informasi secara kuantitatif berkaitan dnegan keuangan di masa yang akan datang, yang meliputi kondisi perusahaan secara ekonomi, pengambilan keputusan ekonomi, membuat berbagai pilihan dan alternatif yang rasional dan dapat dilaksanakan.

      Akuntansi sering disebut sebagai bahasa bisnis

 (business language), atau lebih tepatnya bahasa pengambilan keputusan. Semakin seseorang menguasai bahasa ini, semakin baik pula ia menangani berbagai aspek keuangan dalam kehidupannya. 

      Definisi lain mengenai pengertian akuntansi dapat dirumuskan melalui 2 (dua) sudut pandang, yakni pengguna jasa akuntansi dan proses kegiatannya.
  • Dipandang dari sudut fungsi atau kegunaannya, akuntansi merupakan aktifitas jasa yang menyediakan informasi penting untuk penilaian jalannya perusahaan.
  • Dipandang dari sudut kegiatannya, akuntansi merupakan suatu proses meliputi identifikasi, pengukuran, dan penyampaian informasi ekonomis yang bersifat finansial.

Nah, itulah beberapa referensi mengenai apa itu pengertian akuntansi menurut para ahli dan juga jika di lihat dari beberapa sudut pandang. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk dishare ke teman teman yang lain ya teman-teman.

3 comments for "Pengertian akuntansi menurut para ahli yang dapat di tinjau dari 2 pandangan"

close